Kamis, 07 Oktober 2010

Nikmatnya Makan Papeda

Papeda



Papeda yang disajikan dengan ikan kuah kuning
dan kohu - kohu
Papeda, jenis penganan yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Maluku. Makanan yang dibuat dari sagu ini sudah menjadi salah satu ciri khas kuliner yang ada di Provinsi Seribu Pulau tersebut. Dalam proses pembuatannya, tepung sagu yang masih mentah dicampur air panas kemudian diaduk (di-aru; dalam Bahasa Maluku) hingga tampak lengket dan kenyal seperti lem (tapi bukan lem lho). Papeda akan sangat nikmat terasa bila disantap saat masih panas (atau hangat bila anda tidak tahan) sambil ditemani dengan ikan kuah kuning dan sayur (kohu - kohu, urap, etc). Di Maluku sendiri, makanan ini sudah menjadi santapan sehari - hari sebagai makanan pokok keluarga selain nasi.
Cara menyantap papeda ini pun agak unik, ia biasanya disantap dengan cara dihisap setelah sebelumnya dipotong - potong dalam ukuran kecil dengan menggunakan tangan. Atau bila anda tidak terbiasa menggunakan cara ini, maka anda bisa menggunakan sendok.
Walaupun saat kini pola makan masyarakat Maluku sudah bergeser dari sagu ke nasi sebagai bahan makanan pokok, alangkah baiknya bila warisan - warisan kuliner seperti halnya papeda dapat terus dipertahankan keberadaannya. Selamat menikmati ^_^   



Tidak ada komentar:

Posting Komentar