Selasa, 05 Oktober 2010

Surga Pantai di Pulau Pombo



Pulau Pombo adalah pulau kecil yang terletak di Selat Haruku, Provinsi Maluku. Selat ini memisahkan antara Pulau Ambon dan Pulau Haruku. Secara geografis Pulau Pombo ini terletak di antara Pulau Ambon dan Pulau Haruku dengan koordinat 128°22'09" BT dan 3°31'35" LS. Sedangkan secara administratif pemerintahan kawasan ini termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah. Pulau kecil nan cantik ini sebenarnya merupakan pulau mangrove dengan luas area 1000 ha, termasuk daratan, pantai, dan laguna.
Bagi anda yang menyukai wisata pantai yang masih alami maka pulau ini sangat cocok untuk anda. Anda dapat berjalan - jalan santai mengitari pulau sambil menikmati pemandangan pantai yang cantik dengan burung - burung Pombo serta lautan sebagai latar belakangnya. Tetapi sayang sekali anda tidak akan menemukan sarana olahraga air (jet ski, banana boat, de el el, de es be...) apalagi resort atau penginapan karena memang pulau ini hanya diperuntukkan sebagai cagar alam :'(
Untuk mencapai pulau ini kita dapat menggunakan kendaraan umum dari Kota Ambon selama kurang lebih 1 jam ke utara di Pelabuhan Tulehu, kemudian dari pelabuhan anda dapat menggunakan speed boat selama 10 menit untuk sampai di pulau. Biaya yang harus anda keluarkan untuk kendaraan umum adalah Rp. 5000, sedangkan untuk menumpang speed boat anda harus mengeluarkan biaya ekstra Rp. 60.000 s/d Rp. 100.000. Harga ini dapat saja meningkat terutama pada musim liburan. So... enjoy your vacation at Pombo's Island!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar